Perdalam Hukum Kepolisian, Mahasiswa FH Unisba Studi Lapangan ke Polresta Blitar
Artikel berita - Kategori Kegiatan Fakultas | Diposting pada : 2018-12-05 -|- 02:55:am
Share this article on

unisbablitar.ac.id, Blitar - Puluhan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar melakukan studi lapangan ke Mapolres Blitar Kota, Selasa (17/1/2017). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenal lebih dekat penerapan hukum dalam instansi Polri.

Dekan Fakultas Hukum Unisba Blitar, Dr. Dian Fericha, S.H., M.H, mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semeseter 1 dan 5. Tujuan kegiatan ini untuk menambah wawasan mahasiswa dimana sejauh ini mahasiswa hanya paham mengenai teori yang diperoleh di bangku kuliah.

“Kegiatan ini agar mahasiswa mengenal penerapan hukum kepolisian. Diharap melalui studi lapangan ini mahasiswa akan bisa menyinergikan teori kuliah dengan studi lapangan,” ungkapnya.

Dian juga berharap, melalui studi lapangan ini akan terjalin kerjasama yang baik dan berkelanjutan. Dalam waktu dekat, pihaknya dan Polres Blitar Kota akan melakukan MoU kerjasama dalam pengabdian masyarakat.

Sementara itu, Kabag Perencanaan Polres Blitar Kota, Kompol Ali Rahmad, yang menerima rombongan mahasiwa dan dosen Fakultas Hukum Unisba Blitar dalam pertemuan ini menyampaikan, hukum dalam kepolisian berfungsi untuk menciptakan kamtibmas.

“Sesuai dengan tugasnya, polisi bertugas untuk memelihara dan menjaga kemananan serta ketertiban. Polisi juga harus menegakkan hukum dan mengayomi masyarakat,” kata perwira yang handal bermain musik dan mencipta lagu ini.

Ditegaskannya, kehadiran Polri diharapkan akan memunculkan keamanan dalam negri. Maka dari itu Undang-Undang Kepolisian mengharuskan polisi menciptakan kondisi aman, tentram, dan damai di masyarakat.

Dalam kesempatan ini Kompol Ali juga menerangkan pada tingkat kepolisian resort memiliki 6  fungsi operasional diantaranya fungsi reserse,  intelejen,  sabhara,  lantas, narkoba dan binmas serta ditambah ada fungsi-fungsi di bidang staf dan pendukung lainya.

“Dalam rangka penegakan hukum misal anggota reserse yang dilapangan sampai melakukan penembakan kepada pelaku pencurian kendaraan bermotor, ini hanya semata mata karena diskresi kepolisian,  dimana pelaku karena membahayakan masyarakat atau petugas  atau melakukan perlawanan terhadap petugas maka petugas polisi bisa melakukan penembakan ltu pun melalui tahapan tahapan,” tegasnya.

Kerja lain polisi dalam penerapan hukum kepolisian, kata Ali, salah satunya adalah penyidik berhasil mengungkap kasus, ketika berkas itu komplit diserahkan kepada jaksa hingga kasus itu vonis di pengadilan.

Salah satu mahasiswa, Gideon David mengaku sangat senang dengan program kerja studi lapangan ini yang bersifat sangat edukatif.

"Kegiatan seperti ini sangat berguna untuk menunjang materi yang kami dapat dari bangku perkuliahan dan bisa memperluas wawasan di dunia hukum. Dan kita berharap semoga



 


P2MB Kampus Universitas Islam Balitar
Kampus 1 : Jln. Majapahit 2-4 Blitar - Jawa Timur 66131
Tlpn/ Fax (0342) 813145 Hp. 085785510433
Kampus 2 : Jln. Tanjung No. 224 Blitar - Jawa Timur